Thursday, March 8, 2018

Kecamatan Gorom Timur Kab. Seram Bagian Timur





Letak Geografis
Adapun batas-batas Kecamatan Gorom Timur adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara            : Kecamatan Pulau Gorom
Sebelah Selatan          : Laut Banda
Sebelah Timur             : Laut Irian/Arafuru
Sebelah Barat              : Kecamatan Pulau Gorom
Berdasarkan data dari Bappeda, ibukota kecamatan Gorom Timur (Negeri Miran) berjarak sekitar 145.20 Km ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula). Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan  menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu kita perlu menempuh jarak lebih dari itu untuk menuju Kecamatan Gorom Timur.

1.2 Geologis
Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan wilayah gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut Propinsi Maluku. Untuk Kecamatan Gorom Timur terdiri dari 2 Pulau, namun hanya satu daratan saja yang berpenghuni yakni daratan di sebagian Pulau Gorom.
Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 Km2 yang terdiri
dari luas laut 14.877,771 Km2 dan luas daratan 5.779,123 Km2. Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Gorom Timur yaitu sebesar 29,29 km2, atau sekitar 0,51 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.
Kecamatan Gorom timur dialiri oleh lima belas sungai, yaitu Usun, Rarat, Tinarin, Miran I, Miran II, Miran III, Miran IV, Miran V, Miran VI, Aran, Tuha, Bas, Kilkoda I, Kilkoda II, dan Amarwawat

Pemerintahan Negeri
Kecamatan Gorom Timur, yang beribu kota di Desa Miran, merupakan kecamatan yang terbentuk pada tahun 2012 berdasarkan Perda Kabupaten Seram Bagian Timur No. 15 Tahun 2012. Kecamatan Gorom Timur merupakan pecahan dari Kecamatan Pulau Gorom. Kecamatan Gorom Timur terdiri dari 5 Desa/Negeri dan 18 Desa/Negeri Administratif. Negeri/Negeri Administratif merupakan satuan wilayah setingkat Desa yang dikepalai Raja Negeri.

Daftar Nama Negeri/Negeri Administratif di Kecamatan Gorom Timur

  1. Miran             :           Negeri
  2. Rarat               :           Negeri
  3. Kotasiri            :           Negeri
  4. Kilkoda            :           Negeri
  5. Tunas Ilur        :           Negeri Administratif
  6. Sagey               :           Negeri Administratif
  7. Armada           :           Negeri Administratif
  8. Amarwawatu :           Negeri
  9. Waisalan         :           Negeri Administratif
  10. Basarin            :           Negeri Administratif
  11. Goha                :           Negeri Administratif
  12. Bas                  :           Negeri Administratif
  13. Tuha                :           Negeri Administratif
  14. Aran                :           Negeri Administratif
  15. Tinaru             :           Negeri Administratif
  16. Adar                :           Negeri Administratif
  17. Kiltufa             :           Negeri Administratif
  18. Etaralu            :           Negeri Administratif
  19. Miran Manaban :        Negeri Administratif
  20. Miran Rumuar :          Negeri Administratif
  21. Miran Kilian Manaban : Negeri Administratif
  22. Miran Keledar :           Negeri Administratif
  23. Miran Gota     :           Negeri Administratif

PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi.
Jumlah penduduk Kecamatan Gorom Timur berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010 yaitu sebanyak 6.807 jiwa, atau sekitar 6,87 persen dari seluruh penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur yang berjumlah 99.065 jiwa. Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Gorom Timur pada pertengahan Tahun 2016 adalah sebanyak 7.346 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, terdiri dari laki-laki sebanyak 3.748 jiwa dan perempuan sebanyak 3.598 jiwa.

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Gorom Timur tercatat hanya tersedia fasilitas 1 (satu) unit Puskesmas,
4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Gorom Timur sebanyak 1 (satu) unit, sementara Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 21 unit.

4.4 Agama
Berdasarkan data Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, penduduk Gorom Timur hanya memeluk Agama Islam dengan jumlah pemeluk sebanyak 8.334 jiwa.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Gorom Timur Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah Ketela rambat dengan total jumlah produksi mencapai 99 ton
5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Gorom Timur menghasilkan komoditas diantaranya Kelapa, Cengkeh, Pala, dll. Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Timur tersebut, komoditi kelapa berada pada urutan pertama terbanyak.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Gorom Timur umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kambing.

5.4 Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Gorom Timur. Data perikanan yang ditampilkan antara lain Jumlah Produksi, Nelayan/Petani Ikan, Armada Penangkapan Ikan, serta Luas dan Kondisi Terumbu Karang di Kecamatan Gorom Timur.

PERBANDINGAN REGIONAL
Penduduk
Penduduk Kecamatan Gorom Timur pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 7.346 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Gorom Timur merupakan urutan ke-5 terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Tiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Pulau Gorom, Bula, dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Gorom Timur sebesar 29,29 km2 atau sekitar 0,51 persen dari total luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Hampir seluruh wilayah Kecamatan Gorom Timur Berada di daratan Gorom, sisanya berada di Pulau Nusa dan Pulau Oirang. Ini menyebabkan luas Kecamatan Gorom Timur menempati posisi ketigabelas, Kecamatan Werinama mempunyai luas daerah terbesar di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu 993,84 km2 dengan presentase sebesar 17,20
persen. Kecamatan  dengan luas daratan terkecil yaitu Kecamatan Pulau Panjang dengan luas daratan 20,53 km2 atau 0,36 persen dari keseluruhan daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 7.346 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 29,29 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Gorom Timur yaitu sekitar 250,8 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 250,8 penduduk/km2 menempatkan Gorom Timur berada di urutan pertama dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur.
Diikuti kecamatan Pulau Gorom dan Wakate di urutan Kedua dan Ketiga dengan kepadatan masing-masing 229 penduduk/ km2 dan 200 penduduk/ km2

Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni Kelapa dan Cengkeh. Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, komoditi perkebunan yang unggul di kecamatan Gorom Timur adalah Kelapa, sementara produksi terbesar untuk komoditi Kelapa ada di Kecamatan Werinama, sedangkan produksi terbesar untuk Cengkeh ada di Kecamatan Kilmury.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda