Thursday, March 8, 2018

Profil Kecamatan Kilmury Kab. Seram Bagian Timur






1. KEADAAN GEOGRAFIS DAN IKLIM
1.1 Letak Geografis
Luas wilayah daratan Kecamatan Kilmury yaitu 837,62 km2 atau sekitar 14,49 persen dari seluruh
luas wilayah daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Adapun batas-batas wilayah Kecamatan Kilmury adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara             : Kecamatan Bula
Sebelah Selatan           : Laut Banda
Sebelah Timur             : Kecamatan Seram Timur
Sebelah Barat             : Kecamatan Werinama

Berdasarkan data dari Bappeda Kabupaten Seram Bagian Timur, jarak ibukota Kecamatan Kilmury ke ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (Kecamatan Bula) adalah sekitar 58,80 Km. Jarak tersebut diperoleh dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu, dari ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (Kecamatan Bula) perlu menempuh jarak yang lebih dari itu untuk menuju Kecamatan Kilmury.

1.2 Iklim
Keadaaan iklim di Kecamatan Kilmury secara umum sama dengan keadaan iklim Kabupaten Seram Bagian Timur yang beriklim laut tropis dan iklim musim, karena letak wilayah Pulau Seram yang dikelilingi oleh laut luas. Oleh karena itu keadaan iklimnya sangat dipengaruhi oleh lautan dan berlangsung bersamaan dengan iklim musim seirama dengan musim yang ada

2. PEMERINTAHAN
Pemerintahan Negeri
Kecamatan Kilmury merupakan pemekaran dari Kecamatan Seram Timur pada tahun 2010. Saat ini  terdapat 14 Negeri/ Negeri Administratif di Kecamatan Kilmury, dengan rincian 1 Negeri dan 13 Negeri Administratif. Negeri/ Negeri Administratif merupakan satuan wilayah setingkat Desa yang  dikepalai oleh Raja Negeri. Satu Negeri atau desa induk yang terdapat di Kecamatan Kilmury adalah Negeri Kilmury, sedangkan 13 Negeri Administratif lainnya merupakan pecahan dari Negeri Kilmury.

Daftar Negeri dan Negeri Administratif di Kecamatan Kilmury Tahun 2016

  1. Kilmury           : Negeri
  2. Selor                : Negeri Administratif
  3. Kilbon Kway : Negeri Administratif
  4. Nekan              : Negeri Administratif
  5. Afang Kota     : Negeri Administratif
  6. Afang Defol    : Negeri Administratif
  7. Kumelang        : Negeri Administratif
  8. Undur              : Negeri Administratif
  9. Kamar                         : Negeri Administratif
  10. Gunak                         : Negeri Administratif
  11. Sumbawa        : Negeri Administratif
  12. Mising             : Negeri Administratif
  13. Taa                  : Negeri Administratif
  14. Bitorik             : Negeri Administratif

3. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi. Jumlah
penduduk Kecamatan Kilmury berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010 yaitu sebanyak 4.260 jiwa, atau sekitar 4,3 persen dari seluruh penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur yang berjumlah 99.065 jiwa.
Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Kilmury pada pertengahan Tahun 2016 adalah sebanyak 4.651 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, terdiri dari laki-laki sebanyak 2.380 jiwa dan perempuan sebanyak 2.271 jiwa.

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur, di Kecamatan Kilmury ditemukan jumlah kasus Diare sebanyak 21 kasus dan Malaria sebanyak 37 kasus, sedangkan untuk kasus  HIV/Aids, IMS, DBD, dan Tubercolusis (TB) tidak ditemukan di Kecamatan Kilmury.

4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Kilmury sebanyak 2 unit, sementara Pos  Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 21 unit.

4.4 Agama
Jumlah Tempat atau Sarana Peribadatan di Kecamatan Kilmury terdapat 24 Mesjid dan 8 Musalah

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Kilmury tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas antara lain jagung, ketela pohon, ketela rambat, kacang tanah, dan talas. Komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah ketela rambat dan talas.

5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Kilmury menghasilkan beberapa jenis komoditas antara lain kelapa, cengkeh, pala, kakao, kopi, dan jambu mete dan  komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah kelapa.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Kilmury umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kambing dan unggas.
6. PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Kilmury pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 4.651 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Kilmury merupakan urutan ke dua belas terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Tiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Pulau Gorom, Bula, dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Kilmury sebesar 837,62 km2 atau sekitar 14,49 persen dari total luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Luas Kecamatan Kilmury menempati posisi keempat terbesar dari lima belas kecamatan  di Kabupaten Seram Bagian Timur. Kecamatan Werinama mempunyai luas wilayah terbesar di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu 993,84 km2 dengan presentase sebesar 17,20 persen. Kecamatan dengan luas daratan terkecil yaitu Kecamatan Pulau Panjang dengan luas daratan 20,53 km2atau 0,36 persen dari keseluruhan daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 4.651 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 837,62 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Kilmury yaitu sekitar 5,55 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 5,55 penduduk/km2 menempatkan Kilmury berada diurutan ke empat belas terpadat dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur. Tiga kecamatan terpadat di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu Gorom Timur, Pulau Gorom, dan Wakate dengan kepadatan masing-masing 250,80 penduduk/ km2, 229,12 penduduk/ km2 dan 200,35 penduduk/ km2

6.4 Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni kelapa dan cengkeh. Berdasarkan data Dinas Pertanian tahun 2016, produksi terbesar untuk komoditas kelapa ada di Kecamatan Werinama, sementara produksi terbesar untuk komoditas cengkeh ada di Kecamatan Kilmury

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda