Thursday, March 8, 2018

Profil Kecamatan Bula Barat Kab. Seram Bagian Timur





Letak Geografis
Adapun batas-batas Kecamatan Bula Barat adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara             : Laut Seram
Sebelah Selatan           : Kecamatan Werinama
Sebelah Timur             : Kecamatan Bula
Sebelah Barat             : Kabupaten Maluku Tengah
Berdasarkan data dari Bappeda, ibukota kecamatan Bula barat (Negeri Administratif Jakarta Baru) berjarak sekitar 40 Km ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula). Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu kita perlu menempuh jarak lebih dari itu untuk menuju Kecamatan Bula Barat.

1.2 Geologis
Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan wilayah gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut Propinsi Maluku. Sementara Untuk Kecamatan Bula Barat terletak satu daratan dengan Kecamatan Bula, Kecamatan Werinama, Kecamatan Siwalalat, Kecamatan Teluk Waru, Kecamatan Tutuk Tolu,
Kecamatan Kian Darat, Kecamatan Lian Vitu, Kecamatan Kilmury dan sebagian Desa dari Kecamatan Seram Timur.

Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 Km2 yang terdiri dari luas laut 14.877,771 Km2 dan luas daratan 5.779,123 Km2.Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Bula Barat yaitu sebesar 880,29km2, atau sekitar 15,23 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Kecamatan Bula barat dialiri oleh enam sungai, yaitu Waibubi, Wai Matakabu, Wai Jembatan Basah, Wai Sumber Agung dan Wai Jakarta Baru.

Pemerintahan
Pemerintahan Negeri
Kecamatan Bula barat, yang beribu kota di Desa Administratif Jakarta Baru, merupakan kecamatan yang terbentuk pada tahun 2012 berdasarkan Perda Kabupaten Seram Bagian Timur No. 15 Ta
hun 2012. Kecamatan Bula Barat merupakan pecahan dari Kecamatan Bula. Kecamatan Bula barat terdiri dari 2 Desa/Negeri dan 11 Desa/Negeri Administratif. Negeri/Negeri Administratif merupakan satuan wilayah setingkat Desa yang dikepalai Kepala Desa / Raja Negeri.

Daftar Nama Negeri/Negeri Administratif di Kecamatan Bula Barat

1 Hote                         :           Negeri
2 Silohan                     :           Negeri Administratif
3 Rukun Jaya              :           Negeri Administratif
4 Jembatan Basah       :           Negeri Administratif
5 Sumber Agung        :           Negeri Administratif
6 Benggoi                   :           Negeri
7 Jakarta Baru            :           Negeri Administratif
8 Waiketam Baru        :           Negeri Administratif
9 Waimatakabu           :           Negeri Administratif
10 Waisamet               :           Negeri Administratif
11 Aki Jaya                 :           Negeri Administratif
12 Banggoi Pancoran :           Negeri Administratif
13 Dreamland Hills     :           Negeri Administratif

3. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang  dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi
barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi.
Jumlah penduduk Kecamatan Bula barat berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010 yaitu sebanyak 5.870 jiwa, atau sekitar 5,82 persen dari seluruh penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur yang berjumlah 99.065 jiwa. Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan
Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Bula Barat pada pertengahan Tahun 2016 adalah sebanyak 6.719 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, terdiri dari laki-laki sebanyak 3.509 jiwa dan perempuan sebanyak 3.210 jiwa.

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Bula Barat tercatat hanya tersedia fasilitas 1 unit puskesmas, adapun puskesmas tersebut berlokasi di Negeri Administratif Waiketam Baru, selain itu juga terdapat 7 unit puskesmas pembantu dan 13 posyandu, Informasi mengenai tenaga kesehatan dan kasus penyakit yang ditemui di Kecamatan Bula barat tersaji pada Tabel 4.2.1 dan Grafik 4.c.

4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Bula Barat sebanyak 1 unit, sementara Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 20 unit.

4.4 Agama
Berdasarkan data Kementrian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, jumlah sarana tempat peribadatan di Kecamatan Bula barat berjumlah 24 buah yang terdiri dari 13 buah mesjid, 7 buah musholah, 1 buah gereja protestan dan 3 buah pura.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Bula barat Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah padi sawah,ubi jalar, kacang kedelai, jagung, ubi kayu, talas, kacang tanah dan kacang hijau.

5.2 Tanaman Hortikultura
Pertanian tanaman hortikultura di Kecamatan Bula Barat tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas seperti bayam, kubis, petsai dan cabe rawit.

5.3 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Bula Barat menghasilkan komoditas diantaranya kelapa, cengkeh, pala, kakao, kopi, jambu mete dan kelapa sawit.

5.4 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Bula Barat umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional.

Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Bula Barat.

PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Bula Barat pada pertengahan tahun 2016 sebanyak  6.719 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Bula Barat merupakan urutan ke enam terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk.Tiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Pulau Gorom, Bula dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Bula Barat sebesar 880,29 km2 atau sekitar 15,23 persen dari total luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Hampir seluruh wilayah Kecamatan Bula Barat Berada di daratan Pulau Seram, Ini menyebabkan luas Kecamatan Bula Barat menempati posisi kedua wilayah terluas dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur. Kecamatan Werinama merupakan kecamatan yang mempunyai luas daerah terbesar di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu 993,84 km2 dengan presentase sebesar 17,20 persen.
Kecamatan dengan luas daratan terkecil yaitu Kecamatan Pulau Panjang dengan luas daratan 20,53 km2 atau 0,36 persen dari keseluruhan daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.
6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 6.719 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 880,29 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Bula Barat yaitu sekitar 7,63 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 7 penduduk/km2 menempatkan Bula Barat berada di urutan ke sebelas dari lima belas kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur. Diikuti kecamatan Teluk Waru, Siwalalat, Kilmury dan Werinama di urutan ke dua belas, tiga belas, empat belas, dan lima belas dengan kepadatan masing-masing 6 penduduk/ km2 dan 5 penduduk/ km2.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda