Sunday, April 8, 2018

CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN SAAT MENGISI TINTA WARNA PADA HEAD PRINTER CANON ATAU YANG LAINNYA


Cara memperbaiki head print warna ketika salah mengisi warnah

Disini ingin saya sampaikan bagamaimana cara memperbaiki head printer khususnya printer warna merek canon pixma yang menggunakan tinta infus atau suntikan. Memang sekarang sudah berkurang printer seperti ini sebagian besar sudah beralih ke cara pengisian infus. Namun mungkin masih ada yang menggunakan printer dengan cara pengisian tinta jaman old yaitu dengan suntik.
Cara ini memang lumayan baik dan mudah. Setelah sebelumnya telah saya paparkan cara mengisi tinta warna pada printer pixma canon, disini ingin saya sampaikan juga bagaimana cara memperbaiki head yang tidak sengaja salah mengisi tinta.
Artinya pada wadah warnah kuning kita isikan tinta biru, sehingga warna hasil cetak tidak sesuai.
Langsung saja begini tahapannya :
1.      Disesuaikan dengan keuangan kita ya. Kalau kita memiki dana yang cukup mungkin kita bisa saja membelikan head printer yang baru.
2.      Seperti point satu di atas kalau kita memiliki dana yang cukup, namun terlalu mahal untuk membeli head printer baru, mungkin kita bisa membeli tinta yang baru, dalam hal ini kalau kita salah mengisi tinta biru pada lobang head warna kuning, maka yang harus kita beli adalah warna kuning, mengingat warnah kuninglah yang ingin kita kembalikan.
3.      Sebaliknya juga, kita membeli tinta biru kalau tinta yang salah kita isi itu adalah tinta kuning pada lobang head warnah biru.
4.      Nah ini yang penting, kalau kita tidak memiliki kelebihan anggaran untuk membeli head baru, atau tinta yang baru, maka kita cukup siapkan air putih aja.
5.      kemudian kita siapkan juga suntikan bekas tinta yang sudah kosong, atau telah habis dipake, paling bagus suntikan bekas tinta hitam, agar lebih besar.
6.      Untuk cara perbaikinya sama saja, pada point 2, 3 kita menggunakan tinta sedangkan untuk point yang ke 4 kita gunakan air.
7.      Langkahnya adalah ambil suntikan bekas kemudian isikan sesuai kebuthuan ya, point 2, 3 atau 4.
8.      Kemudian setelah suntikan terisi dengan tinta kining, biru atau air putih tersebut kalin suntikan ke dalam head printer yang salah isi tadi.
9.      Setelah disuntikan ke dalam lubang head, jangan lepaskan dulu jarum dari lubang head, tarik suntinkan tersebut agar tinta atau air yang kita suntikan tadi tersedot kembali pada suntikan.
10.  Kemudian keluarkan suntikan dan buang isinya. 

11.  setelah itu, ulangi lagi cara 8, 9 dan 10 sehingga hasil buangan sudah sesuai warna aslinya, artinya bila yang kita gunakan adalah tinta biru maka lakukan terus menerus hingga tinta yang kita tarik dari lubang head berwarna biru saja, atau kalau yang kita gunakan warnah kuning, maka lakukan terus menerus hingga tinta yang kita tarik dari lubang head berwarna kuning saja, atau bila kita gunakan air putih, maka lakukan terus menerus hingga tidak adalah lagi tinta yang kita tarik dari lubang head atau yang tertarik tidak lagi berwarnah hanya berisi air putih.
12.  Bila sudah seperti ini head anda sudah bisa digunakan lagi, namun untuk yang menggunakan air putih, anda belum bisa gunakan, anda harus diamkan dulu, head printer anda beberapa jam atau 2 – 3 jam di depan kipas angin kemudian isikan tinta yang sesuai baru head printer anda siap digunakan.
Demikian cara memperbaiki, head printer yang salah mengisi tinta. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda