Monday, April 23, 2018

CONTOH PROPOSAL PERIKANAN






PROPOSAL

KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”






 
































 NAMA DESA
NAMA KECAMATAN 
NAMA KABUPATEN 
2 0 0 9







KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”
DUSUN -------- DESA ------ KECAMATAN ------------
KABUPATEN ----------------------------
 

Nomor             :  03/KNT/WAEL/V/2009                                                     
Lampiran         :  3 (tiga) berkas
Peruhal            :  Permohonan Bantuan Usaha


Kepada yth.
KEPALA DINAS PERIKANAN
KABUPATEN -----------------------

Di,-
            Tempat.-


Dengan Hormat .

Dalam rangka mewujudkan kemandirian serta meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya alam lokal sekaligus membina dan memberdayakan masyarakat berdasarkan profesi usaha yang selama ini dijalankan, maka telah kami bentuk satu kelompok nelayan guna mencapai tujuan dimaksud. Untuk maksud tersebut, maka kami datang kehadan bapak mengajukan permohonan bantuan usaha Bidang Perikanan khususnya budidaya rumput laut guna membangun perekonomian keluarga kami demi tercapainya kehidupan yang sejahtera.

Sebagai bahan pertimbangannya, bersama ini kami lampirkan  :
1.      Proposal Permohonan bantuan
2.      Daftar kebutuhan kelompok
3.      Daftar Anggota Kelompok

Demikian permohonan kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
                                                                                           Wael,  26 Mei 2009
KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”
             Ketua                                                                                  Sekretaris


       Tulis Nama                                                                                 Tulis Nama
Menyetujui :

Forum Diskusi Nelayan & Pengembangan Nama Desa




Tulis Nama
Ketua






PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN MODAL USAHA
KEGIATAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT
KELOMPOK NELAYAN TERPADU “ATAMARI”
 





I.              PENDAULUAN

A.     Latar Belakang
Menyikapi situasi dan perekonomian Bangsa Indonesia dewasa ini serta krisis Multi Dimensional yang berawal dari krisis Moneter serta Konflik sosial, dimana boleh dikatakan sangat terpuruk jika dibandingkan dengan Ekonomi Bangsa lain di Dunia dimana kehidupan Rakyat Indonesia diperhadapkan dengan biaya ekonomi tinggi dan sangat sulit memperoleh kesempatan berusaha, untuk mengatasi terpuruknya Ekonomi masyarakat saat ini khususnya masyarakat Ekonomi Lemah, maka perlu adanya bantuan permodalan guna membangkitkan kembali usaha yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Untuk mengatasi hal ini, maka dengan program pemerintah dalam rangka pemberdayaan Ekonomi rakyat melalui program yang telah dicanangkan oleh pemerintah, maka kami menghimpun keluarga-keluarga yang tidak mampu di Dusun Wael Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat, untuk diberdayakan guna mengurangi pengangguran dan sekaligus menjawab kebutuhan keluarga dengan membentuk sebuah kelompok nelayan dengan nama Kelompok Nalayan Terpadu "ATAMARI".


Selain itu, guna menyambut peluang-peluang usaha yang ada dimana sumberdaya alam yang tersedia cukup melimpah dan belum dikelola secara maksimal, sehingga memotivasi kami untuk memanfaatkan potensi lokal tersebut sebagai sumber pendapatan yang dapat diolah. Wilayah perairan yang begitu luas dan sangat cocok untuk dikembangkan usaha budidaya rumput laut serta sebagaian besar masyarakat telah menggantungkan pendapatan keluarganya pada usaha tersebut, sehingga usaha ini akan berjalan lebih baik karena tidak lagi dijumpai gangguan-gangguan dari masyarakat lain yang dapat menghambat usaha dimaksud.



Berdasarkan pemikiran-pemikiran diatas serta keinginan untuk mencapai kehidupan lebih maju, maka kami mohon kesediaan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Seram Bagian Barat untuk memfasilitasi kami demi tercapainya maksud dan tujuan pembentukan kelompok ini. Harapan kami kiranya Kelompok Nelayan Terpadu yang baru saja kami bentuk ini mendapat respon yang baik dari bapak, mengingat sebagain dari anggota kelompok kami telah menjalankan kegiatan usaha rumput luat sehingga bisa mendorong kegiatan usahanya guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.



B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan pengajuan proposal Kelompok Nelayan Terpadu "ATAMARI" ini adalah  :
1. Untuk memperolah bantuan modal usaha demi terealisasinya  kegitan usaha kelompok.
2. Dapat mengurangi angka kemiskinan
3. Untuk meningkatkan taraf hidup keluarga anggota kelompok.
4. Mengurangi angka pengangguran.







C. BANTUAN YANG DIHARAPKAN.
Bantuan yang diharapkan oleh Kelompok Nelayan Terpadu "ATAMARI" ini adalah :  Bantuan Modal Usaha.  (rincian bantuan modal usaha terlampir)




II. KEORGANISASIAN
Kelompok Nealayn Terpadu ini dibentuk pada tanggal 20 Mei 2009 dengan jumlah Anggota sebanyak 25 orang yang mempunyai profesi rata-rata sebagai nelayan yang berdiam di Dusun Wael Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. (komposisi kepengurusan Terlampir)


Ill.  RENCANA DETAIL KEGIATAN KELOMPOK
Dalam rangka menjalankan roda organisasi serta mengaktualisasikan peran dan fungsi organisasi, maka perlu dilakukan berbagai kegiatan yang dapat menghidupkan organisasi serta anggota organisasi. Adapun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan adalah :

a.  Kegiatan Usaha Budidaya Rumput Laut
Melihat potensi sumber daya alam melimpah dan didukung ketersedian lahan yang cukup untuk melakukan kegiatan usaha budidaya rumput laut, sehingga untuk memuliai kegiatan usaha kelompok ini, kami mengutamakan kegiatan kelompok pada kegiatan usaha budidaya rumput laut. Karena sebagaian besar masyarakat telah menjalankan usaha ini sehingga memudahkan kami untuk mendapatkan bibit serta informasi-informasi lain yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Selain itu karena kehidupan masyarakat setempat telah tertuju pada kegiatan usaha tersebut sehinga adanya gangguan usaha dari masyarakat bisa dihindari.


     b.  Metode Budidaya Rumput Laut
Metode yang digunakan dalam kegiatan usaha ini, sedikit berbeda dengan metode yang selama ini dipakai masyarakat. Hal ini dilakukan kerana, metode yang selama ini dijalankan masyarakat tidak efisien karena membutuhkan lokasi yang besar namun hasil yang diperoleh tidak maksimal. Bila metode tersebut dipertahankan, maka pendapatan masyarakat tidak akan meningkat dan kemungkinian timbul masalah sosial kerena kedepan sebagain masyarakat nantinya tidak kebagian lokasi budidaya.

Dari kondisi inilah sehingga kami, mencoba memperkenalkan metode budidaya baru yang lebih efisien dimana memanfaatkan lokasi yang tersedia semaksimal mungkin. Metode yang dipakai adalah metode budidaya dengan menggunakan rakit. Rakit terbuat dari bambu  dengan ukuran yang sudah ditentukan kemudian dililitkan tali sebagai tempat ikatan rumput laut. Direncanakan dalam satu rakit yang berukuran 10 x 10 meter akan menghasilkan rumput laut mentah sebanyak 5 ton atau 714 kg rumput laut kering. Rencananya pada tahap awal lokasi yang akan digunakan sebagai areal budidaya seluas 2 ha. Dengan sistim yang akan dipakai ini bila mendapat dukungan serius dari pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Seram Bagian Barat, maka akan kami manfaatkan semaksimal mungkin, sehingga mendapatkan hasil yang juga maksimal.

Dibandinkan dengan sistim yang selama ini dipakai memiliki perbedaan pendapatan yang sangat jauh. Cara ini juga butuh keuletan kita dalam merawat sehingga membutuhkan kelengkapan budidaya yang komplet antara lain rumah penjagaan di laut atau perahu ketintin. Selain itu lokasi proses pengeringan akan dibangun pada sekitar rumah jaga tersebut, hal ini dilakukan agar tidak menganggu aktifitas masyarakat di darat sehingga rumput laut yang dijemur lebih cepat kering kerana tidak terhambat oleh pohon ataupun perumahan penduduk.









 









Gambar Metode Budidaya rumput laut sistim rakit
 
 




c.    Analisa Ekonomi
    


IV.  PENUTUP
Demikian proposal ini disampaikan sebagai bahan pertimbangan berbagai pihak khususnya Pemerintah melalui Kantor Dinas Sosial Provinsi Maluku dalam menyalurkan bantuan.
Besarnya keinginan kami untuk bekerja guna memenuhi kebutuhan keluarga begitu tingginya namun tanpa dukungan dari semua pihakse terutama pemerintah, maka program ran rencana kerja kami sia-sia adanya. Untuk itu melalui proposal ini kami mintakan kesediaan bapak agar dapat membantu kami untuk merealisasikan program kerja kami, hingga upaya pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah dapat terwujud dan meningkatnya pendapatan keluarga dapat kami rasakan.

                                                             


                                                                                   Wael,  26 Mei 2009
KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”
             Ketua                                                                                  Sekretaris


  ___________________                                                          ________________
Menyetujui :

Forum Diskusi Nelayan & Pengembangan Dusun Wael




________________
Ketua










KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”
DUSUN ---------- DESA -----------KECAMATAN --------------- 


DAFTAR KEPENGURUSAN

I.                   PENGURUS
1.  Tulis Nama                                  :  KETUA
2.  Tulis Nama               :  SEKRETARIS
3.  Tulis Nama                          :  BENDAHARA


II.               ANGGOTA  :
1.      AJID SAUM
2.       SYARIFUDIN KELIAN
3.       ABDULAH ENA
4.       YAMIN GASAM
5.       TAUFIK KELIAN
6.       MAMAN
7.       LAHANE
8.       SUGIRMAN SAUM
9.       ANWAR
10.   LA ABU
11.    JINDAN SOSELISA

12.   LA ULI
13.  LA SAMIUN
14.   LA SUHARDI
15.   LA DAGA
16.   RESMIN
17.   ASWAN
18.   LA ILA
19.   ANDI ANWAR
20.   LA MAKIKI
21.   LA ARMAN
22.  DANDI
     
                                                                                           Wael,  26  Mei 2009
PENGURUS
KELOMPOK NELAYAN TERPADU
“ATAMARI”
KETUA




___________________








Menyetujui :

Forum Diskusi Nelayan & Pengembangan Nama Desa




_______________________
Ketua





Sekretaris



 ____________________
KEBUTUHAN BARANG



NO.
NAMA BARANG
JUMLAH
KET
I.
Bidang Usaha Pertanian & Peternakan


1.
Kandang Ayam Kapasitas 100 ekor
1 unit

2.
Ayam petelur (ayam Ras)
50 ekor

3.
Makanan Ayam petelur


4.
Tempat Makanan
10 buah

5.
Pagar Wilayah Peternakan
1  unit

6.
Pos Jaga
1  unit

7
Generator Listrik 3 Kw
1 unit





II.
Bidang Usaha Nelayan


1.
Ketinting  6,5 HP
1 buah

2.
Drum Oli Bekas
5  buah

3.
Drum Plastik
10  buah

4.
Bata Merah
1000  buah

5.
Jergen 20 liter
20 buah

6.
Karung Plastik
100  buah

7.
Ember Plastik
10 buah

8.
Gayung Alumunium
5 buah

9.
Terpal  3 x 5 m
4 buah







Bagi pembaca yang berminat dan ingin file doc..tinggal komen ya, masukan alamat emailnya..


BACA JUGA : OBATI CORONA DENGAN MINYAK KAYU PUTIH

91 comments:

  1. Jainestamania@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf ya.. baru kebaca komennya.. akan dikirim ke emailnya ya.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Mau muntah failnya dong, abidakasim775@gmail.com

      Delete
    3. Uda dikimr ya contoh proposalnya,, Kalo boleh komenya jangan di balasannya biar kebaca.. hm.. mkasih uda berkunjung..

      Delete
    4. minta filenya ya..suarramlan16@gmail.com

      Delete
    5. bsa di kirim file.y email desasungairukam@gmail.com

      Delete
    6. sudah di email ya.. makasih ya uda mampir..

      Delete
  2. Replies
    1. mohon maaf ya.. baru kebaca komennya.. akan dikirim ke emailnya ya.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Replies
    1. mohon maaf ya.. baru kebaca komennya.. akan dikirim ke emailnya ya.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  4. Hallo sobat sekalian, yang sudah bersedia meninggalkan komen terutama yang butuh dokumennya, sudah saya kirimkan ke emalnya ya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. terima kasih kunjunganya ya.. contoh proposalnya sudah dikirm ya.. mohon maaf terlambat merespon..

      Delete
  6. Terima kasih atas sistematika penulisan proposal yang baik, sangat membantu. Terima kasih.

    yance.rawar@hotmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali sudah berkunjung..
      contoh proposalnya sudah dikirm ya.. mohon maaf terlambat merespon..

      Delete
  7. Assalamu alaikum. Bagus skali propsalx. Maaf, kalau bisa sy d krimkan juga. mnlaparoki@gmail.com. syukran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan, sudah berkunjung, proposalnya akan di kirim ke emailnya ya..

      Delete
    2. Proposalnya sudah di kirim ke emailnya ya gan, mohon maaf terlambat respon

      Delete
  8. Replies
    1. oke.. makasih ya uda mampir

      Delete
    2. Hallo sobat sekalian, yang sudah bersedia meninggalkan komen terutama yang butuh dokumennya, sudah saya kirimkan ke emalnya ya.. terima kasih..

      Delete
  9. tyassyahnurfadillah@gmail.com mau ya om soft copynya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke.. makasih ya uda mampir

      Delete
    2. Hallo sobat sekalian, yang sudah bersedia meninggalkan komen terutama yang butuh dokumennya, sudah saya kirimkan ke emalnya ya.. terima kasih..

      Delete
  10. primajati6@gmail.com saya izin minta file docx nya nggih Pak, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke.. makasih ya uda mampir

      Delete
    2. Hallo sobat sekalian, yang sudah bersedia meninggalkan komen terutama yang butuh dokumennya, sudah saya kirimkan ke emalnya ya.. terima kasih..

      Delete
  11. ryanconner639@gmail.com izin minta file doc nya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke.. makasih ya uda mampir

      Delete
    2. Hallo sobat sekalian, yang sudah bersedia meninggalkan komen terutama yang butuh dokumennya, sudah saya kirimkan ke emalnya ya.. terima kasih..

      Delete
  12. minta doc nya najihahnaz90@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  14. Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  15. Mohon dikirimkan filenya pak..kami bermaksud mengajukan bantuan juga. Terima.kasih sebelumnya teratediki74@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  16. Mohon maaf di kirim ke sini ya
    syarbts@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  17. mohon di kirim filenya yah kak..
    ini alamat email saya
    ichanm5816@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  18. mohon di kirim filenya yah kak..
    ini alamat email saya
    ichanm5816@gmail.com

    ReplyDelete
  19. yoshintaworo@gmail.com
    terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  20. Terima Kasih referensinya
    Apa Bisa minta file MS. WORD nya?
    Email :
    ezcast78@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  21. Bisa minta juga ka? Terimakasih
    suryaminafarm89@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  22. Bang minta bang
    Jokomgt04@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim proposalnya ya.. makasih udah mampir..

      Delete
  23. Replies
    1. makasih ya uda mampir, proporsalnya sudah di kirim ya..

      Delete
  24. makasih ya uda mampir, proporsalnya sudah di kirim ya..

    ReplyDelete
  25. farisadhin@gmail.com. Minta savefile nya ya om🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim ya.. makasih ya sudah berkunjung..

      Delete
  26. Abang boleh minta filenya, mksi bnyk sblmnya Abng : darmayamko@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Proposalnya bagus, tolong krim: aguspuranggelu@gmail.com

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. saya minta file dong ( tasnimsz22@gmail.com )

    ReplyDelete
    Replies
    1. proposalnya sudah di kirim, makasih ya, sudah mampir..

      Delete
  30. bang bisa kirim proposalnya. makasi sebelumnya (julehabahrudin87@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim ya.. terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  31. Kirim Failnya Email,syarifudinauratu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim ya.. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  32. Boleh kirim file nya bang ke munawarah.zoya@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Makasih seblumnya bang

    ReplyDelete
  34. Bisa di kirim file nya ke Email ismit1612@gmail.com

    ReplyDelete
  35. bisa kirim di email saya polantojaya21@gmail.com

    ReplyDelete
  36. sudah terkirim ya.. mksih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  37. Ya undayana1@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim coba dicek ya.. kalau belum masuk bisa di infokan lagi.. mohon maaf terlambat respon

      Delete
  38. saya bermaksud mau mengajukan juga hikmatzahra@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim coba dicek ya.. kalau belum masuk bisa di infokan lagi.. mohon maaf terlambat respon

      Delete

Sampaikan Komentar Anda