Thursday, April 26, 2018

PROFIL KECAMATAN TELUK WARU KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR - MALUKU


Data profil kecamtan teluk waru ini diambil dari data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Seram Bagian TImur. Bila menginginkan data lebih lengkap silahkan dilihat pada website BPS Kab. Seram Bagian Timur.



1. Letak Dan Batas Wilayah
Secara administratif Kecamatan Teluk Waru membawahi 11 desa pemerintahan negeri/negeri administratif, yang terdiri dari 4 negeri dan 7 negeri administrative

Kecamatan Teluk Waru berada di Pulau Seram, yang secara astronomis, Kecamatan Teluk Waru terletak pada posisi 130 0 63’ 0 “ BT sampai dengan 130 o 79 ‘ 0 “ BT dan 3 0 30 ‘ 0 “ LS sampai dengan 3 0 42 ‘ 0 “ LS.
Daerah Kecamatan Teluk Waru dibatasi oleh :
Sebelah Utara                         Berbatasan dengan     Laut Seram
Sebelah Selatan          Berbatasan dengan     Kecamatan Werinama
Sebelah Timur             Berbatasan dengan     Kecamatan Tutuk Tolu
Sebelah Barat                         Berbatasan dengan     Kecamatan Bula

2. Iklim
Iklim yang terjadi di kecamatan Teluk Waru adalah iklim laut tropis dan iklim musim. Hal ini terjadi karena Kecamatan Teluk Waru dikelilingi oleh laut yang luas, maka iklim di daerah ini sangat dipengaruhi oleh laut yang berlangsung seirama dengan musim yang ada.
3. Luas dan Jarak
Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 Km2 yang terdiri dari luas laut 14.877,771 Km2 dan luas daratan 5.779,123 Km2. Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Teluk Waru yaitu sebesar 669,67 Km2, atau sekitar 11,59 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Daftar Negeri/Negeri Administratif di Kecamatan Teluk Waru Tahun 2016

Waru                           :           Negeri
Dawang                       :           Negeri
Solang                                     :           Negeri
Belis                            :           Negeri
Karay                           :           Negeri Administratif
Nama Andan               :           Negeri Administratif
Nama Lena                  :           Negeri Administratif
Tubir Masiwan            :           Negeri Administratif
Kampung Baru            :           Negeri Administratif
Madak                         :           Negeri Administratif
Boinfia                         :           Negeri Administratif

Sumber : Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan KB Kabupaten Seram Bagian Timur

4. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi.
Jumlah Penduduk di Kecamatan Teluk Waru Tahun 2016 sebanyak 4.235 yang terdiri dari laki-laki 2.121 jiwa dan perempuan 2.114 jiwa. Dengan luas wilayah sebesar 669,67 km2, Kepadatan Penduduk rata-rata di Kecamatan Teluk Waru pada tahun 2016 adalah sebanyak 6,32 jiwa per km2.





5. Pendidikan
Tercakup disini, sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, namun tidak terdapat sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.
6. Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Teluk Waru tercatat tersedia fasilitas 1 unit  Puskesmas Perawatan yang terdapat di Desa Waru serta 5 unit Puskesmas Pembantu.

7. Keluarga Berencana
Menurut data Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan KB Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Teluk Waru sebanyak 1 unit, tetapi terdapat 16 unit Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

8. Agama
Sarana Peribadatan yang terdapat di Kecamatan Teluk Waru yaitu masjid sebanyak 14, serta terdapat pula langgar/surau/mushola sebanyak 3 buah.

9. Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Teluk Waru menghasilkan komoditas diantaranya Kelapa, Cengkeh, Pala, Kakao, Kopi, dan Jambu Mete. Berdasarkan data  dnas Pertanian Kab. Seram Bagian Timur, komoditi Kelapa di Kec. Teluk Waru mencapai 1.190 ton.

10. Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Teluk Waru umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kerbau, kambing, dan unggas.

11. Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Teluk Waru.

12. PERBANDINGAN REGIONAL
a. Penduduk
Penduduk Kecamatan Teluk Waru pada tahun 2016 sebanyak 4.235 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Teluk Waru berada di urutan ke-tiga belas dari lima belas kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Dua kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Bula dan Pulau Gorom.

b. Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Teluk Waru sebesar 669,67 km2, atau sekitar 11,59 persen dari luas seluruh daratan dan menempati urutan ke-lima dari seluruh kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur. Kecamatan di Seram Bagian Timur dengan wilayah daratan terbesar yaitu Werinama, dengan luas sebesar 993,84 km2.

c. Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebanyak 4.235 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 669,67 km, maka kepadatan penduduk Kecamatan Teluk Waru yaitu sekitar 6,32 jiwa/km2. Kepadatan penduduk yang hanya sebesar 6,23 jiwa/km2 menempatkan Teluk Waru berada diurutan ke-dua belas dari lima belas kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur, hanya sedikit lebih padat penduduk dibanding Kecamatan Siwalalat yang berada diurutan ke- tiga belas dengan kepadatan penduduk hanya 6,07 jiwa/km2. Sementara kecamatan terpadat ditempati oleh Kecamatan Gorom Timur dengan kepadatan penduduk sebesar 250,8 jiwa/km2.

BACA JUGA PROFIL SINGKA KECAMATAN DI BAWAH :

5. Kecamatan Pulau Panjang Ibukota            Pulau Panjang
7. Kecamatan Tutuk Tolu        Ibukota            Air Kasar
11. Kecamatan Werinama      Ibukota            Werinama

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda