Thursday, March 8, 2018

Profil Kecamatan Pulau Gorom Kab. Seram Bagian TImur







1. Keadaan Geografis dan Iklim
1.1 Letak Geografis
Secara astronomis, Kecamatan Pulau Gorom terletak antara 13101’00” sampai dengan 130120’00” Bujur Timur dan 0354’30” sampai dengan 0411’00” Lintang Selatan.

Adapun batas-batas Kecamatan Pulau Gorom adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara              : Laut Seram
Sebelah Selatan           : Kecamatan Wakate
Sebelah Timur             : Kecamatan Gorom Timur
Sebelah Barat             : Kecamatan Pulau Panjang

Berdasarkan data dari Bappeda, ibukota kecamatan Pulau Gorom (Negeri Kilalir) berjarak sekitar 140 Km ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula). Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu kita perlu menempuh jarak lebih dari itu untuk menuju Kecamatan Pulau Gorom.

1.2 Geologis
Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan wilayah gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut
Provinsi Maluku,untuk Kecamatan Pulau Gorom sendiri berada di wilayah daratan Pulau Seram.
Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 5799,123Km2. Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Pulau Gorom yaitu sebesar 91,303km2, atau sekitar 1,58 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.
Kecamatan Pulau Gorom dialiri oleh sebelas sungai, yaitu Ar Rumeon, Suwakul, Namalean, Kinali, Mida, Kilbingan, Kilada, Kilalir, Gogar, Dulak, dan Ondor.

2. Pemerintahan
Sejarah Singkat
Kecamatan Pulau Gorom, yang beribukota di Negeri Pulau Gorom, merupakan salah satu kecamatan yang sudah ada sejak awal berdirinya Kabupaten Seram Bagian Timur pada akhir tahun 2003. Pada saat itu Kabupaten Seram Bagian Timur hanya terdiri dari 4 (empat) kecamatan, yaitu:
1. Kecamatan Pulau Gorom
2. Kecamatan Seram Timur
3. Kecamatan Wakate
4. Kecamatan Bula
Pada tahun 2010, Kecamatan Gorom Timur dan Kecamatan Pulau Panjang memisahkan diri dari kecamatan induk Pulau Gorom.Pada tahun 2016 Kecamatan Pulau Gorom membawahi 24 (dua puluh
empat ) Negeri/Negeri Administratif. Status ke-24 (dua puluh empat) Negeri/Negeri Administratif tersebut berada di daerah pedesaan. Dengan rincian 5 (lima) Negeri dan 19 (sembilan belas) Negeri Administratif. Negeri/negeri Administratif merupakan satuan wilayah yang setingkat dengan Desa, yang dikepalai Raja Negeri.

Daftar Nama Negeri/Negeri Administratif, di Kecamatan Pulau Gorom Tahun 2016

Amarsekaru     :           Negeri
Mida                :           Negeri
Dai                  :           Negeri
Ondor              :           Negeri
Kataloka          :           Negeri
Loko                :           Negeri Administratif
Sera                 :           Negeri Administratif
Ilili                   :           Negeri Administratif
Kelibingan       :           Negeri Administratif
Rumeon           :           Negeri Administratif
Kulugowa       :           Negeri Administratif
Dada Kataloka            :           Negri Administratif
Aroa Kataloka             :           Negri Administratif
Sikaru Kataloka          :           Negri Administratif
Usun Kataloka            :           Negeri Administratif
Namalean        :           Negeri Administratif
Buan Kataloka            :           Negeri Administratif
Rumanama      :           Negeri Administratif
Dulak              :           Negeri Administratif
Arewan                       :           Negeri Administratif
Kelean                         :           Negeri Administratif
Kilalir Kilotak             :           Negeri Administratif
Kilalir Kilwouw          :           Negeri Administratif
Kaforing                      :           Negeri Administratif





3. PENDUDUK
Uraian Singkat
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk, dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi.
Jumlah penduduk Kecamatan Pulau Gorom berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016 yaitu sebanyak 20.919 jiwa, atau sekitar 19,01 persen dari seluruh penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur yang berjumlah 110.024 jiwa.
Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Pulau Gorom pada pertengahan tahun 2015 adalah sebanyak 20.612 jiwa. Jika dilihat dari jumlahnya, terlihat ada kenaikan jumlah ke tahun 2016

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016 di Kecamatan Pulau Gorom tercatat tersedia fasilitas 3 unit Puskesmas dan juga terdapat 8 buah Puskesmas Pembantu.
4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan KB Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Pulau Gorom sebanyak 3 unit, sementara Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 39 unit.

4.4 Agama
Berdasarkan data Kementrian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, sebanyak 21.287 penduduk Pulau Gorom memeluk Agama Islam, 45 penduduk memeluk Agama Kristen Protestan, dan 37 penduduk memeluk AgamaKatholik.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Pulau Gorom Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah Ketela Rambat, Ketela Pohon, diikuti Talas, Jagung, dan Kacang Tanah.



5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Pulau Gorom menghasilkan komoditas diantaranya Kelapa, Cengkeh, Pala, Kakao, Kopi, dan Jambu Mete. Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan tersebut, komoditi Kelapa berada pada urutan pertama terbanyak.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Pulau Gorom umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kambing dan unggas.

5.4 Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Pulau Gorom.

6. PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Pulau Gorom pada tahun 2016 sebanyak 20.919 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Pulau Gorom merupakan urutan pertama terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Ketiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Pulau Gorom, Bula, dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Pulau Gorom sebesar 91,303 km2, atau sekitar 1,58 persen dari luas seluruh daratan diantara seluruh kecamatan di Seram Bagian Timur. Kecamatan di Seram Bagian Timur dengan wilayah daratan terbesar yaitu Bula, dengan luas sebesar 993,84km2.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebanyak 20.919 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 91,303 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Pulau Gorom yaitu sekitar 229,12 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 229,12 penduduk/km2 menempatkan Kecamatan Pulau Gorom berada diurutan kedua dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur. Sementara kecamatan terpadat ditempati oleh Kecamatan Gorom Timur dengan kepadatan penduduk sebesar 250,80 penduduk/km2

6.4 Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni Cengkeh dan Pala. Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan tahun 2016 produksi terbesar kedua untuk komoditi Cengkeh ada di Kecamatan Pulau  Gorom, sedangkan produksi terbesar pertama ada di Kecamatan Kilmury. Sementara produksi terbesar untuk Pala ada di Kecamatan Pulau Gorom dengan jumlah produksi sebanyak 339 ton.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda