Tuesday, December 29, 2015

MENGATASI GANGGUAN DI DIREKTORI PUTUSAN MARI



Direktori putusan MARI merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan untuk menampung dan mempublikasikan putusan-putusan yang ada di 4 badan peradilan seluruh Indonesia. Hal ini senada dengan keseriusan pelayanan public melalui keterbukaan inforamsi di mahkamah agung.
Ada beberapa kendala yang sering di hadapi, atau beberapa permasalahan di direktori putusan mahkamah Agung RI. Yang sering terjadi dan sering dialami oleh admin it. Masalah itu berbeda-beda, dari yang tidak bias apload putusan hingga tidak bias melakukan upaya hukum baik, banding, kasasi dan pk.
Disini akan ditampilkan urayan singkat mengenai pemecahan masalah yang sering dihadapi. Namun tidak bisa dijadikan satu-satunya cara penyelesaian, karena masalah yang sama kadang penyelesainya bisa berbeda. Hal ini karena, mungkin di salah satu daerah kendalanya ada pada jaringan namun pada daerah lainnya mungkin pada berkas yang akan di apload.
Beberapa masalah yang sering muncul :
  1. Tidak bisa masuk karena lupa alamat admin
Bila admin menghadapi masalah ini, maka silahkan klik alamat di bawah ini..
  1. Lupa User dan Pasword.
Bertanya langsung di group aja..
  1. Tidak Bisa Upload Putusan
Ciri-ciri masalah :
-          Saat apload prosesnya sangat lama dan tidak selesai)
-          Saat apload terdapat pemberitahuan (File dan Data putusan gagal disimpan  Upload gagal! The upload path does not appear to be valid.
Filename:cf3f44f21cb19955d04bd585f54f021e.dat - Filetype:File Pendukung Put. No. 046-CT-H-JRD.rtf gagal disimpan!
Penyelesaian :
-          Memeriksa koneksi jaringan
-          Memastikan file telah di convert ke rtf
-          Bila jaringan dan file tidak ada masalah
-          Cobalah cara ini,  gunakan word 2003 untuk konvert putusan ke rtf,  artinya buka putusan menggunakan word 2003 kemudian saveas ke rtf. atau bila tidak ada wodr 2003, saveas terlebih dahulu ke doc 97-2003 document kemudian di save as lagi ke rtf

  1. Tidak bisa upload Upaya hukum banding
Cirri-ciri masalah
-          proses lama
-          mucul peringtan general error
penyelesaian
-          pastikan jaringan terhubung dengan baik.
-          Gunakan file pdf pada setiap berkas pendukung
-          Cek pada menu “Pertama-upaya hukum” bila telah muncul berarti proses telah tersimpan
-          Pastikan file surat pengantar berformar pdf teks.
-      Baca dengan jelas pesan pada general error lalu perbaiki kesalahan yang disampaikan

  1. Tidak bisa upload Upaya hukum Kasasi
Cirri-ciri masalah
-          proses lama
-          mucul peringtan general error
penyelesaian
-          pastikan jaringan terhubung dengan baik.
-          Gunakan file pdf pada setiap berkas pendukung
-          Cek pada menu “Pertama-upaya hukum” bila telah muncul berarti proses telah tersimpan
-          Pastikan proses banding telah selesai dilaksanakan bila melalui upaya banding.
-          Hapus proses banding yang tidak diselesaikan di tingkat banding. Kemudian input upaya kasasinya

  1. Surat pengantar banding dan kasasi tidak bisa di download
Cirri-ciri masalah
-          Tidak bisa didownload
-          mucul peringtan general error
penyelesaian
-          pastikan jaringan terhubung dengan baik.
-          File pdf pada surat pengantar harus pdf teks bukan image/gambar artinya file pdf tersebut bila dikonvert ke word bisa langsung di edit.
-          Kalau filnye bukan pdf teks sebaiknya di upload ulang untuk hasil yang lebih baik
-          Catatan, harap beri sedikit ruang pada kover file surat pengantar untuk kedudukan barkodenya.

Kadang terbaca proses gagal namun file yang telah kita upload berhasil, untuk itu bila muncul pesan proses gagal sebaiknya kita cek lagi di daftar putusannya. Sekedar memastikan apakah putusan yang telah kita upload berhasil ataukah belum.  Pesan gagal ini biasanya tampil bila kita save atau simpan setelah kita input semua data dan berkasnya. Halaman inputnya telah kita lewati, namun bila halaman input belum terlewat dan belum terupload berarti data/atau putusan tersebut belum terupload.

Demikian hanya untuk menjadi bahan koreksi, namun setiap masalah yang muncul kadang beda penanganannya. Untuk itu diharpkan dari teman-teman admin direktori untuk membagikan informasi terhadap penanganan masalah yang pernah di lakukan di satkernya.
Semoga bisa membantu. Dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekeliruan. Saran dan koreksi sangat dibutuhkan.

2 comments:

  1. Selamat malam
    Mohon maaf, saya ingin mengakses putusan nomor 2056/Pid.B/2016/PN.Jkt.Brt, tapi ada kendala, kendalanya file pdf tsb tidak tampil sehinhga tidak dapat diakses, mohon bantuan solusi atau bantuan nya pak barang kali bapak bisa buat membantu saya untuk mendapatkan text putusan no 2056/Pid.B/2016/PN.Jkt.Brt yg dapat di akses.
    terimalasih

    ReplyDelete
  2. mohon maaf pak, untuk hal ini saya tidak bisa bantu.. terima kasih telah berkunnung pak..

    ReplyDelete

Sampaikan Komentar Anda