Friday, March 23, 2018

POTENSI WISATA DI KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR





PULAU KARANG BAIS KEC. BULA, SBT

Wisata Karang Bais yang oleh masyarakat nelayan  lebih dikenal dengan sebutan Bais merupakan salah satu
lokasi wisata di Kab. Seram Bagian Timur (SBT) yang sering digunakan sebagai tempat untuk mencari ikan oleh penduduk sekitar.
Lokasi yang terbilang unik ini hanya merupakan tumpukan pasir yang membukit di tengah lautan tanpa ditumbuhi pepohonan. Jika air laut surut, tempat ini semakin jelas terlihat dengan permukaan pasir putih yang lebarnya + 30 m dan panjang + 150 m. Bila laut mengalami pasang, permukaan tempat ini akan semakin kecil namun tidak sampai menenggelamkan pulau.
  Ke tempat ini bisa ditempuh melalui Bula dengan menggunakan beberapa macam alat transportasi dengan waktu tempuh yang berbeda-beda. Dengan Speedboat  waktu tempuhnya + 15-25 menit, longboat + 30 – 45 menit, dengan motor tempel (katinting) waktu tempuh + 1 jam.
Selain potensi ikan yang cukup banyak dan beragam, juga dikenal dengan pemandangan bawah laut yang indah, dengan beraneka macam terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias, sehingga cocok untuk menyelam (diving).



WISATA KASAR IKAN DESA AMARSEKARU
 KAB. SERAM BAGIAN TIMUR

Kasar ikan  dalam bahasa daerah setempat berarti “telaga yang berisi ikan”. Objek wisata ini terletak di + 1.5 Km sebelah barat pulau Manawoku desa Amarsekaru Kab.Seram Bagian Timur. Objek
wisata ini terbagi atas dua bagian yaitu kasar ikan besar dengan luas 80 x 40 m2, kedalaman   4 - 7 m dan dikelilingi batu-batu karang. Sedangkan Kasar Ikan kecil memiliki luas 50 x 30 m2   kedalaman  1 - 5 m dan permukaan tanah yang datar.
Kedua tempat wisata ini dihiasi dengan berbagai jenis ikan terutama ikan-ikan demersal. Ikan- ikan ini masuk ke danau melalui mulut/pintu masuk yang berhubungan langsung dengan laut.
     Pintu masuk air dengan ukuran panjang (sampai ke tempat wisata besar) + 100 m, lebar 25 m. Permukaan air laut pada saat surut dipintu masuk 0,25 m, saat air pasang dapat mencapai 2 m. Pesisir pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang + 1 Km ini dihiasi dengan pohon nyiur dan pohon cemara. 



PULAU KOON KEC. PULAU GOROM, SBT

Pulau Koon, merupakan salah satu pulau wisata kecil di perairan Kecamatan Pulau Gorom yang mempunyai daya tarik tersendiri. Layaknya magnet, ikan dari segala penjuru datang berkerumun, bertelur dan
berkembang biak di perairan berterumbu karang yang sangat indah.
Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini menjadi pintu masuk menuju tiga pulau dengan populasi penduduk terpadat di Kabupaten SBT yaitu Gorom, Manowoku dan Pulau Panjang
Disekitar Pulau Koon, ada gugusan pulau-pulau kecil yang unik, namun hanya satu yang berpenghuni. Beberapa tahun yang lalu, Koon menjadi perhatian WWF karena dari beberapa survey, Koon menjadi tempat perkembangbiakan ikan-ikan karang dan setelah dilakukan penelitian, terungkap bahwa Pulau Koon merupakan habitat atau tempat berkembang biaknya ikan terbaik dan terbesar di kawasan timur Indonesia melebihi Banda dan Raja Ampat

2 comments:

  1. Hello there, You have done an excellent job. I'll definitely digg it and personally recommend to
    my friends. I'm confident they'll be benefited from this site.

    ReplyDelete

Sampaikan Komentar Anda