Thursday, March 8, 2018

Profil Kecamatan Lian Vitu Kab. Seram Bagian Timur







1. Keadaan Geografis
1.1 Letak Geografis
Adapun batas-batas Kecamatan Lian Vitu adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara             : Kecamatan Kian Darat
Sebelah Selatan           : Kecamatan Seram Timur
Sebelah Timur             : Laut Seram
Sebelah Barat             : Kecamatan Seram Timur
Berdasarkan data dari Bappeda, ibukota kecamatan Lian Vitu (Negeri Administrasi Keta Rumadan) berjarak sekitar 80 km ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula). Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu jarak sesungguhnya yang perlu ditempuh bisa lebih dari jarak tersebut untuk menuju Kecamatan Lian Vitu.

1.2 Geologis
Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan wilayah gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut Propinsi Maluku. Wilayah Kecamatan Lian Vitu semuanya berapa di Pulau Seram. Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 Km2 yang terdiri dari luas laut 14.877,771 Km2 dan luas daratan 5.779,123 Km2. Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Lian Vitu yaitu sebesar 172,37 km2, atau sekitar 2,98 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Pemerintahan Negeri

Kecamatan Lian Vitu, yang beribu kota di Negeri Keta Rumadan, terdiri dari 2 Desa/Negeri dan 8 Desa/Negeri Administratif. Negeri/Negeri Administratif merupakan satuan wilayah setingkat Desa yang dikepalai Raja Negeri.

Daftar Nama Negeri/Negeri Administratif dan Statusnya di Kecamatan Lian Vitu

Air Nanang     : Negeri Administratif
Kwaos             : Negeri
Suru                 : Negeri Administratif
Liantasik         : Negeri Administratif
Keta                : Negeri Administratif
Keta Rumadan : Negeri Administratif
Kian Laut        : Negeri
Salagor Kota   : Negeri Administratif
Salagor Air      : Negeri Administratif
Aruan Gaur     : Negeri Administratif


3. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi. Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Lian Vitu pada pertengahan Tahun 2016 adalah sebanyak 5.207 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, terdiri dari laki-laki sebanyak 2.606 jiwa dan perempuan sebanyak 2.601 jiwa

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Lian Vitu tercatat tidak lagi tersedia fasilitas unit Puskesmas. Padahal pada tahun 2015 terdapat 1 unit puskesmas.

4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan Keluarga Berencana Kabupaten Seram Bagian Timur tidak terdapat Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Lian Vitu, sementara Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 1 unit.

4.4 Agama
Berdasarkan data Kementrian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, semua penduduk Lian Vitu sebanyak 5.677 jiwa memeluk Agama Islam.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Lian Vitu Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah ketela pohon diikuti oleh
produksi komoditi ketela rambat, talas, jagung, dan kacang tanah.

5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Lian Vitu menghasilkan komoditas diantaranya kelapa, cengkeh, pala, kakao, kopi, dan jambu mette. Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan, komoditi kelapa berada pada urutan pertama terbanyak.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Lian Vitu umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kambing dan unggas (ayam kampung).

5.4 Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Lian Vitu.

6. PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Lian Vitu pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 5.207 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Lian Vitu merupakan urutan ke-8 terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Tiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Kecamatan Pulau Gorom, Bula, dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Lian Vitu sebesar 172,37 km2 atau sekitar 2,98 persen dari total luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Seluruh wilayah Kecamatan Lian Vitu Berada di daratan Pulau Seram. Untuk kecamatan dengan wilayah terluas adalah Kecamatan Werinama, Bula Barat, dan Siwalalat.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 5.207 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 172,37 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Lian Vitu yaitu sekitar 30,21 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 30,21 penduduk/km2 menempatkan Kecamaatan Lian Vitu berada diurutan ke-8 dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur. Kecamatan Gorom Timur, Pulau Gorom dan Wakate di urutan pertama, kedua, dan ketiga dengan kepadatan masing-masing 250,8; 229,12; 200,35 penduduk/ km2 .

6.4 Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni kelapa sebanyak 387 ton dan cengkeh 232 ton. Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan tahun 2016, produksi terbesar untuk Kelapa ada di Kecamatan Werinama sebanyak 1.613 ton, sementara produksi terbesar untuk Cengkeh ada di Kecamatan Kilmury sebanyak 699 ton.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda