Monday, March 26, 2018

Profil SIngkat Kecamatan Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur


1.1 Letak Geografis
Adapun batas-batas Kecamatan Seram Timur adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kecamatan Lian Vitu
Sebelah Selatan : Laut Banda
Sebelah Timur : Kecamatan Pulau Panjang
Sebelah Barat : Kecamatan Kilmury
Berdasarkan data dari Bappeda, ibukota Kecamatan Seram Timur (Geser) berjarak sekitar 118,68 Km ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula). Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten. Sementara itu, kita perlu menempuh jarak lebih dari itu untuk menuju Kecamatan Seram Timur.
1.2 Geologis
Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan wilayah gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut Propinsi Maluku. untuk Kecamatan Seram Timur terdiri dari beberapa pulau dan sebagian lagi di daratan Pulau Seram. Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 km2 yang terdiri dari luas laut 14.877,771 km2 dan luas daratan 5.779,123 km2.Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Seram Timur yaitu sebesar 73,35 km2, atau sekitar 1,27 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.
Kecamatan Seram timur terdiri dari 28 pulau. Namun dari pulau-pulau tersebut hanya 8 pulau saja yang dihuni masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur. Sedangkan, sebanyak 20 pulau masih belum berpenghuni.
Pemerintahan Negeri
Kecamatan Seram Timur, yang beribu kota di Desa Geser, merupakan kecamatan yang terbentuk pada tahun 2012 berdasar Perda Kabupaten Seram Bagian Timur No. 15 Tahun 2012. Kecamatan Seram Timur merupakan pecahan dari Kecamatan Pulau Seram. Kecamatan Seram Timur terdiri dari 6 desa/negeri, 10 desa/negeri administratif, dan 33 dusun. Negeri/negeri administratif merupakan satuan wilayah setingkat desa yang dikepalai Raja Negeri.

Daftar Nama Negeri/Negeri Administratif di Kecamatan Seram Timur
1 Kiltai Negeri
2 Kilwaru Negeri
3 Geser Negeri
4 Kellu Negeri
5 Urung Negeri
6 Keffing Negeri
7 Kilfura Negeri Administratif
8 Kwamor Besar Ena Teu Negeri Administratif
9 Kwamor Besar Witau Negeri Administratif
10 Kwamor Kecil Mata Ata Negeri Administratif
11 Kwamor Kecil Mata Wawa Negeri Administratif
12 Guli-Guli Negeri Administratif
13 Manggis Negeri Administratif
14 Ainena Negeri Administratif
15 Mugusinis Negeri Administratif
14 Akat Fadedo Negeri Administratif

3. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar. Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau
berpartisipasi.
Jumlah penduduk Kecamatan Seram Timur berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010 yaitu sebanyak 19.758 jiwa, atau sekitar 19,9 persen dari seluruh penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur yang berjumlah 99.065 jiwa. Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil Proyeksi Jumlah Penduduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Seram Timur pada pertengahan Tahun 2016 adalah sebanyak 11.293 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, terdiri dari laki-laki sebanyak 5.638 jiwa dan perempuan sebanyak 5.655 jiwa. Dengan luas wilayah sebesar 73,35 km2, kepadatan penduduk rata-rata di Kecamatan Seram Timur tahun 2016 sabanyak 153,96 jiwa per km2.

4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.
4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Seram Timur tercatat hanya tersedia fasilitas 1 unit Puskesmas, adapun Puskesmas tersebut berlokasi di Negeri Geser.

4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan Keluarga Berencana Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Seram Timur sebanyak 1 unit, sementara Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersedia sebanyak 31 unit.

4.4 Agama
Berdasarkan data Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016, semua penduduk Seram Timur memeluk Agama Islam yakni sebanyak 11.293 jiwa.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Seram Timur Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah ketela pohon, diikuti oleh talas, ketela rambat, jagung, dan kacang tanah.

5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Seram Timur menghasilkan komoditas diantaranya kelapa, cengkah, pala kakao, dan kacang mete. Data Tanaman perkebunan menurut jumlah petani, produktivitas, dan jumlah produksinya sepanjang Tahun 2016. Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan tersebut, komoditi cengkeh berada pada urutan pertama terbanyak.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Seram Timur umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain kambing dan unggas (ayam kampung).

5.4 Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Seram Timur.
Data perikanan yang ditampilkan antara lain Jumlah Produksi, Nelayan/Petani Ikan, Armada Penangkapan Ikan, serta Luas dan Kondisi Terumbu Karang di Kecamatan Seram Timur.

6. PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Seram Timur pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 11.293 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Seram Timur merupakan urutan ke-3 terbanyak dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Tiga urutan kecamatan di Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Kecamatan Pulau Gorom, Bula, dan Seram Timur.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Seram Timur sebesar 73,35 km2 atau sekitar 1,27 persen dari total luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur. Sebagian besar wilayah Kecamatan Seram Timur merupakan pulau-pulau. Untuk kecamatan dengan wilayah terluas adalah Kecamatan Werinama, Bula Barat, dan Siwalalat.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2016 sebanyak 11.293 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 73,35 km2, maka kepadatan penduduk Kecamatan Seram Timur yaitu sekitar 153,96 penduduk/km2. Kepadatan penduduk yang sebesar 153,96 penduduk/km2 menempatkan Seram Timur berada diurutan keempat dari lima belas kecamatan di Seram Bagian Timur. Kecamatan Gorom Timur, Pulau Gorom dan Wakate di urutan pertama, kedua, dan ketiga dengan kepadatan masing-masing 250,8; 229,12; 200,35 penduduk/ km2 .

6.4 Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni Kelapa sebanyak 449 ton dan Cengkeh sebanyak 315 ton dan . Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan tahun 2016, produksi terbesar untuk komoditi Kelapa ada di Kecamatan Werinama sebanyak 1.613 ton, sementara produksi terbesar untuk Cengkeh ada di Kecamatan Kilmury sebanyak 699 ton. 

BACA JUGA PROFIL SINGKA KECAMATAN DI BAWAH :

5. Kecamatan Pulau Panjang Ibukota            Pulau Panjang
7. Kecamatan Tutuk Tolu        Ibukota            Air Kasar
11. Kecamatan Werinama      Ibukota            Werinama

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda