Thursday, March 8, 2018

Profil Kecamatan Kian Darat Kab. Seram Bagian Timur



1. Keadaan Geografis dan Iklim
1.1 Letak Dan Batas Wilayah
Wilayah Kecamatan Kian Darat berada di pulau Seram, dan berbatasan langsung dengan  :
Kecamatan Tutuk Tolu           di sebelah Utara,
Kecamatan Lian Vitu             di sebelah Selatan,
Kecamatan Kilmury                di sebelah Timur serta berbatasan dengan
Laut Seram                              di sebelah Barat.
Sebagian besar pemukiman penduduk di Kecamatan Kian Darat berada di pesisir pantai, kecuali Dusun Rumoga, Dusun Uta, Dusun Bati Rumbouw, Dusun Bati Kelusi, Dusun Bati Tabalen dan Dusun Bati Kelsaur yang letaknya berada di pegunungan.

1.2 Luas dan Jarak
Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur terdiri dari gugusan pulau-pulau. Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur letaknya tersebar di 50 (lima puluh) pulau-pulau di bagian timur laut Provinsi Maluku.
Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 20.656,894 Km2 yang terdiri dari luas laut 14.877,771 Km2 dan luas daratan 5.779,123 Km2. Sementara luas wilayah daratan Kecamatan Kian Darat yaitu sebesar 129,23 Km2, atau sekitar 2,24 persen dari seluruh luas daratan Kabupaten Seram Bagian Timur.
Berdasarkan data dari Bappeda Kabupaten Seram Bagian Timur, jarak ibukota Kecamatan Kian Darat (Negeri Administrasi Watu-watu) ke ibukota Kabupaten (Kecamatan Bula) adalah sekitar 71 km. Di sini Bappeda memperoleh jarak dengan menarik garis lurus (jarak terdekat) dari ibukota kecamatan ke ibukota kabupaten.

1.3. Iklim
Suhu udara di suatu wilayah antara lain ditentukan oleh tinggi rendahnya wilayah tersebut dari permukaan laut dan jarak wilayah tersebut dari pantai. Dengan kondisi wilayah Kecamatan Kian Darat yang berada dekat dengan pantai menjadikan wilayah ini mempunyai suhu udara yang bervariasi sepanjang tahun.
Suhu rata-rata terendah terjadi sepanjang bulan Juli hingga Agustus yaitu sebesar 26,2C, sedangkan suhu rata-rata tertinggi terjadi sepanjang bulan Januari yaitu sebesar 29C. Kelembaban udara rata-rata tertinggi di Kecamatan Kian Darat terjadi sepanjang bulan April hingga Mei yaitu sebesar 87 persen, sedangkan kelembaban udara rata-rata terendah terjadi sepanjang bulan Januari hingga Februari yaitu sebesar 81 persen.

2. Pemerintahan
Struktur organisasi Pemerintahan di tingkat Kecamatan terdiri dari Kepala Kecamatan sebagai Kepala Pemerintahan yang kedudukannya setingkat di bawah pemerintahan Kabupaten.
Secara administratif Kecamatan Kian Darat membawahi 10 desa pemerintahan negeri/negeri administratif, yang terdiri dari 1 negeri dan 9 negeri administratif serta 16 dusun.

Daftar Negeri/Negeri Administratif di Kecamatan Kian Darat, 2016

Kian Darat                  : Negeri
Artafela                       : Negeri Administratif
Rumoga                       : Negeri Administratif
Angar                          : Negeri Administratif
Watu-watu                  : Negeri Administratif
Kelaba                         : Negeri Administratif
Kilga Kilwouw           : Negeri Administratif
Kilga Watubau            : Negeri Administratif
Rumfakar                    : Negeri Administratif
Kileser                         : Negeri Administratif


3. PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk dapat terjadi akibat 4 (empat) komponen yaitu, tingkat kelahiran (fertilitas), tingkat kematian (mortalitas), migrasi masuk dan migrasi keluar.  Dengan kata lain pertumbuhan penduduk adalah merupakan keseimbangan yang dinamis antara lahir, mati, datang dan pergi. Sedangkan tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk dalam satu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap mereka dan jika mereka mau berpartisipasi. Dengan luas wilayah sebesar 129,23 km2, Kepadatan Penduduk rata-rata di Kecamatan Kian Darat pada tahun 2016 adalah sebanyak 40,16 per km2.
Dalam perkembangannya, berdasarkan hasil proyeksi jumlah penuduk Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Kecamatan Kian Darat pada tahun 2016 adalah sebanyak 5.190 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 2.617 jiwa dan perempuan sebanyak 2.573 jiwa.


4. SOSIAL
4.1 Pendidikan
Tercakup disini, selain sistem pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga sistem pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama.

4.2 Kesehatan
Pada tahun 2016, di Kecamatan Kian Darat tercatat tersedia fasilitas 1 unit Puskesmas yang terdapat di Desa Kilga Watubau

4.3 Keluarga Berencana
Menurut data Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan KB Kabupaten Seram Bagian Timur banyaknya Klinik Keluarga Berencana (KKB) di Kecamatan Kian Darat sebanyak 1 unit, sementara terdapat Pos PelayananKeluarga Berencana Desa (PPKBD) sebanyak 11 unit di Kecamatan Kian Darat.

4.4 Agama
Penduduk di Kecamatan Kian Darat Mayoritas beragam Islam. Jumlah sarana peribadatan yang terdapat di Kecamatan Kian Darat yaitu masjid sebanyak 17, serta langgar/surau/mushola sebanyak 8 buah.

5. PERTANIAN
5.1 Tanaman Pangan
Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Kian Darat Tahun 2016 menghasilkan beberapa jenis komoditas, untuk komoditi yang memiliki produksi paling besar adalah ubi kayu, ubi jalar, jagung serta kacang tanah.
5.2 Tanaman Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Kian Darat menghasilkan komoditas diantaranya kelapa, cengkeh, pala, kakao, kopi dan jambu mete. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan tersebut, komoditi Kelapa berada pada urutan pertama terbanyak.

5.3 Peternakan
Usaha Peternakan di Kecamatan Kian Darat umumnya merupakan peternakan rakyat dan masih bersifat tradisional, komoditas ternak yang ada antara lain sapi, kambing, dan unggas.

5.4 Perikanan
Kabupaten Seram Bagian Timur pada umumnya memiliki potensi Perikanan yang cukup besar dengan berbagai kandungan biota laut, demikian juga pada Kecamatan Kian Darat.
Data perikanan yang ditampilkan antara lain Jumlah Produksi, Nelayan/Petani Ikan, Armada Penangkapan Ikan, serta Luas dan Kondisi Terumbu Karang di Kecamatan Kian Darat


6. PERBANDINGAN REGIONAL
6.1 Penduduk
Penduduk Kecamatan Kian Darat pada tahun 2016 sebanyak 5.190 jiwa. Dengan jumlah tersebut berarti Kecamatan Kian Darat merupakan urutan kesembilan terbanyak dari lima belas kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur dalam hal jumlah penduduk. Kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur yang mempunyai penduduk terbesar yakni Kecamatan Pulau Gorom dengan jumlah penduduk sebanyak 20.919 jiwa.

6.2 Luas Wilayah
Luas wilayah daratan Kecamatan Kian Darat sebesar 129,23 km2, atau sekitar 2,24 persen dari luas seluruh daratan menempati urutan ke-sembilan di antara seluruh kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur. Kecamatan di Seram Bagian Timur dengan wilayah daratan terbesar yaitu Kecamatan Werinama, dengan luas sebesar 993,84 km2, atau sekitar 17,2 persen dari luas seluruh daratan di Kabupaten Seram Bagian Timur.

6.3 Kepadatan Penduduk
Dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebanyak 5.190 jiwa serta luas wilayah daratan sebesar 129,23 km2,maka kepadatan penduduk Kecamatan Kian Darat yaitu sekitar 40,16 jiwa/km2. Kepadatan penduduk yang hanya sebesar 40,16 jiwa/km2 menempatkan Kian Darat berada diurutan ke-tujuh dari lima belas kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur, kecamatan dengan penduduk terpadat di Kabupaten Seram Bagian Timur adalah Kecamatan Gorom Timur, Pulau Gorom, Wakate, Seram Timur, Teor dan Pulau Panjang.

6.4 Tanaman Perkebunan
Komoditas perkebunan Kabupaten Seram Bagian Timur yang cukup unggul yakni Kelapa, Cengkeh dan Pala. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan tahun 2016, produksi komoditi kelapa untuk kecamatan Kian Darat adalah sebesar 356 ton. Produksi komoditi kelapa terbesar untuk Kabupaten Seram Bagian Timur adalah Kecamatan Werinama dengan jumlah produksi sebesar 1.613 ton.
Sedangkan untuk produksi komoditi Cengkeh di Kecamatan Kian Darat  sebesar 272 ton. Berada di peringkat ke delapan untuk Kabupaten Seram Bagian Timur, dengan produksi terbesar yaitu di Kecamatan Kilmury dengan jumlah produksi sebanyak 699 ton. Untuk komoditi Pala Kecamatan Kian Darat menghasilkan produksi sebanyak 41 ton. Terbanyak untuk Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu Kecamatan Pulau Gorom dengan jumlah produksi sebanyak 339 ton.


No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda